Maryam Muthmainnah: "Yang punya andil besar aku menjadi penulis itu adalah ibuku."

Sebelumnya PCPK sudah mewawancarai penulis cilik Billy Briliant dan Nurul Pertiwi, sekarang PCPK akan memawancarai penulis cilik yang sudah beranjak remaja: Maryam Muthmainnah. Sebagaimana penulis-penulis hebat PCPK yang lain, Maryam ini memiliki potensi besar untuk menjadi penulis hebat. Karya-karyanya selalu memiliki muatan ilmu pengetahuan. Selalu ada yang bisa kita petik dari setiap tulisannya. Novelnya yang berjudul Math Garden menjadi nominasi IBF Award 2011. Oh iya, kalau kamu belum pernah membaca Math Garden, wah, sayang sekali. Di novel itu Maryam akan membuat pembaca menyukai matematika! Pelajaran yang sering membuat pening kepala itu oleh Maryam dibuat menjadi begitu menarik. Dikemas dengan kisah petualangan yang mantap, Math Garden memang layak dibaca oleh setiap orang. Oke, sekarang mari kita saksikan bincang-bincang santai dengan penulis kelahiran Bandung ini. Read it on!

Halo, Maryam! Apakabar?
Halo, Kak. Kabarku baik

Sedang sibuk apa nih sekarang?
Sekarang lagi sibuk masuk SMA. Kan aku sebelumnya sekolah di swasta dari TK sampai SMP. Nah, sekarang di SMA Negeri harus banyak menyesuaikan diri juga.

Ngomong-ngomong, kenapa sih kamu kok suka menulis?
Menurut aku, menulis itu berekspresi. Aku bisa sebebas-bebasnya menuliskan ide dan pikiran aku. Asal yang nggak menyinggung SARA aja, hehe.

Sejak kapan kamu suka menulis?
Aku suka menulis sejak aku kelas 1 atau kelas 2 SD. Kan waktu itu setiap pagi kelasku itu disuruh menulis. Menulis apa saja. Boleh menyalin dari buku, atau buat sendiri. Awalnya juga nyalin aja dari buku. Tapi kan, aku penasaran juga buat nulis sendiri. Akhirnya dari situ aku suka nulis. Walaupun kalau tulisannya aku baca lagi sekarang, aku masih suka ketawa sendiri. Hihihi..

Kamu belajar menulis dari mana?
Aku belajar menulis dari banyak tempat, banyak orang. Kadang-kadang aku juga belajar sendiri dengan membaca karangan orang lain. Tapi menurutku, yang punya andil besar aku menjadi penulis itu adalah ibuku.

Kamu pernah merasa bosan dalam menulis? Kalau pernah, cara kamu mengatasinya bagaimana?
Bosan sih, selalu ada ya. Apalagi kalau udah stuck nggak tau mau nulis apa. Biasanya, kalau udah gitu, aku mencari pekerjaan lain yang bikin otak jadi fresh. Misalnya baca buku, nonton TV, atau jalan-jalan.

Sampai sekarang kamu sudah menerbitkan berapa buku? Judulnya apa saja?
Bukuku yang sudah diterbitkan baru ada tiga judul. Piza Pizi Veronica (2009), Math Garden (2010), dan Girls Rule (2011). Alhamdulillah, Math Garden jadi nominasi IBF award untuk kategori fiksi anak dan Girls Rule menjadi nominasi Goodreads awards. Buku lainnya masih coming soon. Insya Allah mungkin keluar tahun ini.

Kamu suka tema buku yang seperti apa? Kenapa?
Aku suka tema fantasi, karena dengan tema fantasi, aku bisa berekspresi dan berimajinasi sebebas-bebasnya. Selain itu, aku juga suka tema realis karena dekat dengan kehidupan.

Penulis favorit kamu?
Penulis favorit aku banyak, Roald Dahl, Enid Blyton, Eva Ibbotson, Asma Nadia, Tasaro GK, dan masih banyak lagi.

Dalam satu bulan, kamu membaca berapa buku? Dan buku bacaan apa yang paling membuat kamu berkesan?
Kalau dulu, waktu aku masih SD buku yang bisa aku baca sebulan bisa sampai 30 buku. Tapi sekarang dibagi dengan kesibukan yang makin padat, hehe, mungkin cuma 5 atau 6 buku aja. Malah bisa nggak sama sekali, seperti waktu UN kemarin, yang banyak dibaca, ya, buku pelajaran.

Untuk membuat satu buku, biasanya kamu memakan waktu berapa lama?
Satu buku bisa sampai 3 bulan. Kalau menurut aku sih, lebih baik lama asal selamat, hihihi. Biasanya aku ingin bukunya bukan hanya menghibur tapi bermanfaat. Jadi aku ingin mencari bahan-bahan yang bisa disambungin sama bukuku. Jadi isinya nggak fiksi aja.

Dari mana kamu mendapatkan ide menulis?
Ide bisa didapat di mana-mana. Dari buku, dari TV (tapi bukan ngejiplak, ya) dari sebuah tempat, dari pemandangan, dan lain-lain. Bahkan pagar rumah tetangga pun aku jadikan ide, hahahaha.

Apa yang kamu dapat dari menulis?
Banyak, aku dapat teman baru, aku dapat lebih banyak ilmu, jadi punya uang saku sendiri, hehehe.

Kamu kan sekarang sudah menjadi penulis cilik, minta tips-tips menulisnya, dong.
Tips menulis dari aku, kalau ingin jadi penulis harus suka membaca. Karena nggak mungkin kan, penulis buku tapi nggak cinta sama buku? Terus, harus banyak latihan. Karena kesempurnaan itu didapat dari latihan terus-menerus *ciee. Kalau kata aku sih itu aja untuk awalnya.

Kira-kira, sampai kapan kamu akan menulis?
Aku ingin terus menulis, walaupun tulisan aku tidak akan dibaca oleh orang lain. Kan menulis itu adalah sifat dasarnya manusia, haha. Intinya aku akan terus menulis sampai aku masih memiliki kemampuan untuk berbagi. Berbagi ilmu, berbagi pikiran, dan berbagi keceriaan.

comment 2 komentar:

Icha_maricha mengatakan...

kerrreeennn...
semangat terus ya, Maryam! ^^

cara merawat payudara on 23 Agustus 2015 pukul 19.57 mengatakan...

Semua berita yang ada di website anda sangat menarik perhatian untuk di simak, salam sehat. . . !! Semoga beritanya dapat bermanfaat! share ya gan, thanks nih!!

Posting Komentar

Jangan malu-malu berkomentar, ya.


 
Powered by Blogger