Billy Briliant: "Dengan menulis, semua bisa menjadi kenyataan!"

Billy Briliant
Halo, Teman-Teman! Kali ini PCPK akan mewawancarai penulis cilik yang bernama Billy Briliant. Pasti kalian sudah kenal dengan Billy, dong? Buku-bukunya sudah banyak yang diterbitkan, lho. Bagi yang belum kenal sama Billy, silakan kalian baca wawancara di bawah ini. Siapa tahu kalian jadi tambah semangat ketika menulis, dan ikut-ikutan menjadi penulis produktif seperti Billy!

Oke, let's read it on!


Halo, Billy! Apakabar?
Halo Kakaaa ... Alhamdulilah baik, nih!

Sedang sibuk apa nih sekarang?
Kalau sibuk, karena sekarang sudah masuk kelas 9, tentu lagi fokus buat ujian! Tapi, kalo menulis sih, diem-diem masih nulis meskipun udah diminta buat fokus ke ujian, namanya hobi nggak bisa dibawa pergi! Haha … bandel, nih!!

Kamu bandel juga, ya. Hihihi. Eh, ngomong-ngomong, kenapa sih kamu kok suka menulis?
Wah, tentu saja, karena menulis itu menyenangkan banget! Selain itu, dengan menulis kita bisa berimajinasi sesuai yang kita mau. Dengan menulis, semua bisa menjadi kenyataan! Misalnya nih, kita mau pergi ke Jerman ... wuih, dengan kata-kata itu, kita bisa loh langsung berada di Jerman! Dan banyak deh, imajinasi lain yang dapat kita curahkan dalam sebuah tulisan.

Betul banget, menulis itu memang menyenangkan, ya. Imajinasi kita jadi bisa tersalurkan. Terus, sejak kapan kamu suka menulis?
Kalau suka menulis sih, sejak tahun lalu (2011) yang saat itu aku mulai tahu ada karya-karya anak dan tiba-tiba ada keinginan untuk ngebuat tulisan itu. Wah, setelah tahu bagaimana dunia menulis ini, ternyata ISTIMEWA banget!

Kamu belajar menulis dari mana?
Otodidak. Awalnya sih cuma ada ide yang muncul dan tiba-tiba pengin dibikin tulisan. Tapi, apa daya karena nggak tau apa-apa, jadi cuma bisa tanya-tanya dari Facebook. Dulu sih ngemis-ngemis info tentang nulis, tapi setelah tau novel yang di prioritaskan, akhirnya coba-coba bikin novel dari pengalaman liburanku. Ah, ternyata ceritaku nggak menarik! Akhirnya, dari satu cerpen yang pernah aku bikin, aku kembangin deh, cerpen itu. Alhamdulilah, setelah itu banyak cerita-cerita yang membuat penerbit tertarik untuk menerbitkannya. Hihi ... oh iya, sementara aku nulis, orangtua aku nggak tahu loh tentang itu. Ya, mereka tahunya saat buku itu diterima. Hihihi ...

Kamu pernah merasa bosan dalam menulis? Kalau pernah, cara kamu mengatasinya bagaimana?
Wah, tentu pernah, dong! Apalagi kalau udah keranjingan nge-tweet. Beuh, tanpa beban naskah aja dah, mainin twitter. Sampe-sampe ditagih naskah, malah kewalahan karena main twitter. Tapi ... ada cara buat ngatasinya, kok! Tentunya dorongan dari orangtua dan penerbit, nih .. ;p, Penerbit harus rajin-rajin ngepost cover yang mau terbit! Loh, kok gitu? Iyap! Karena, dengan adanya cover ataupun buku teman yang akan terbit, pasti antusias para penulis cilik ini akan semakin terdorong. Mereka langsung berupaya untuk menyelesaikan naskah itu karena biar cepet-cepet diterima ... dan digambar covernya deh!

Ck-ck-ck ... ternyata nge-tweet itu memang melalaikan, ya. Oh iya, sampai sekarang kamu sudah menerbitkan berapa buku? Judulnya apa saja?
Alhamdulilah, aku sudah nerbitkan 6 buku tapi ada juga beberapa yang mau tersedia ditoko buku!
The Power of Crystal
• The Rainbow Star
• Me And Bangka Island
• Pelukis Cilik
• Temanku Yang Menyebalkan
• Bubble World
• Magic Pearl (coming Soon)
• Moon Party (coming Soon)
• Culinary Kingdom (Coming Soon)

Wow, ternyata karya kamu sudah banyak sekali, ya! Salut untuk Billy! Terus, kamu suka tema buku yang seperti apa? Kenapa?
Suka yang bertema fantasi dan misteri! Karena dengan tema-tema yang seperti itu, alam imajinasiku akan semakin tergali dan semakin menemukan banyak ide.

Penulis favorit kamu?
Nurul Pertiwi. Nggak tau kenapa, setiap baca bukunya, pasti dia selalu membubuhkan kesan dan cara berceritanya juga dia itu punya ciri khas!

Dalam satu bulan, kamu membaca berapa buku? Dan buku bacaan apa yang paling membuat kamu berkesan?
Kalau baca sih banyak. Tapi, kalau baca bukunya sampai selesai, aku nggak terlalu banyak. Soalnya, aku baca buku sampe selesai kalau ceritanya benar-benar seru dan kalau waktu buat baca cerita tersebut kebetulan ada. Hehe XD

Untuk membuat satu buku, biasanya kamu memakan waktu berapa lama?
Berbeda sih.. biasanya satu bulan! Tergantung mood juga, hehehe! Kalau Mood lagi baik dan lagi bener-bener keranjingan nulis, sampai-sampai cuma 2 minggu selesai! Hihihi ... tapi kalau lagi nggak mood, berbulan-bulan nggak selesai deh! Huhuhu ...

Apa yang kamu dapat dari menulis?
Banyak, dong! Dari teman baru, royalti, sampai pengalaman menghadiri berbagai Event dalam menulis!

Sebelum mulai menulis, biasanya apa saja yang kamu persiapkan?
Kerangka dalam cerita yang akan dijadikan cerita pada nantinya!

Kamu kan sekarang sudah menjadi penulis cilik, minta tips-tips menulisnya, dong.
Nah, bagi yang mau nulis, utamakan kita niat dulu deh kalau mau nulis! Kita juga harus jujur sebelum memulai nulis. Jujur yang dimaksud, seluruhnya kita akan berbuat jujur nggak menjiplak! Percaya deh, kalau kita sudah punya niat Jujur dalam menulis, apapun masalahnya, allah akan melancarkan itu semua! Oh iya, sebelum nulis, kita juga berdoa ya, agar segalanya dilancarkan!

Kira-kira, sampai kapan kamu akan menulis?
Mudah-mudahan, allah masih memberi izin kepadaku untuk tetap menulis sampai kapanpun! Amiin ...

comment 1 komentar:

Qυяяαтυ Áιηι Ńαвιнαн on 19 April 2013 20.35 mengatakan...

wah, kak Billy, sukses trus ya kak!

Poskan Komentar

Jangan malu-malu berkomentar, ya.

 
Powered by Blogger