Kak Hedotz: "Yang penting orang itu mau belajar, insya Allah bisa jadi desainer grafis yang baik"

Kak Hedotz

Halo, Teman-Teman PCPK! Semoga tetap semangat membaca dan menulis, ya! Aamiin. Eh, ngomong-ngomong, apakah kalian ada yang tahu apa sih desain grafis itu? Mungkin di antara kalian sudah ada yang tahu, dan ada juga yang belum tahu. Begini, selain editor, di dalam sebuah penerbitan itu ada juga yang namanya desain grafis. Kamu pernah kan kagum sama desain kaver sebuah buku dan senang melihat desain isi sebuah novel, nah itu adalah hasil dari kerja seorang desainer grafis. Membuat sebuah buku menjadi cantik dan menarik. Kali ini PCPK berhasil mewawancarai seorang desainer grafis dari penerbit Noura Books. Jika di antara kalian ada yang ingin menjadi seorang desainer grafis, silakan simak wawancara menarik di bawah ini, ya!

Halo, Kak! Apakabar?
Alhamdulilah Sehat, dan selalu semangat.

Kalau boleh tahu, nama Kakak siapa?
Nama aslinya Dedy Supanto, tapi dipanggil Hedotz.

Di penerbit Noura Books, Kak Hedotz bekerja di bagian apa?
Bagian artistik, khusus sampul buku.

Menurut Kak Hedotz, desain grafis itu apa, ya?
Desain grafis itu cabang ilmu pengetahuan. Desain itu mempunyai pengertian merancang, dan gambar atau bentuk apa pun secara visual dapat diartikan sebagai grafis. Jadi intinya desain grafis itu merancang sebuah visual/gambar.

Oh begitu ya, jadi intinya desain grafis itu merancang sebuah visual atau gambar, ya. Terus, kalau ingin menjadi seorang desainer grafis, kira-kira apa saja ya persyaratannya?
Persyaratannya banyak, salah satunya dia harus bisa baca tulis, dan berkomunikasi dengan orang lain. Hehe ... yang penting orang itu mau belajar, insya Allah bisa jadi desainer grafis yang baik, tapi kalau menyukai gambar-gambar itu merupakan modal awal yang baik.

Iya ya, yang penting harus terus belajar, ya. Saya dengar Kak Hedotz khusus mengurusi desain kaver, ya? Kira-kira ngapain saja tuh, Kak?
Alur kerjanya seperti ini, editor memberikan brief/konsep kaver yang akan dipakai, setelah itu kaver dikerjakan desainer grafis sesuai dengan keinginan kakak editor. Nah, kalo kakak editor dan kakak desain grafis sudah sepakat, kavernya dikirim ke percetakan untuk dijemur ... hehe, di cetak tentunya.

Dijemur? Memangnya ikan teri, Kak. Hehehe. Hmm ... berarti harus ada kerjasama dengan editor, ya, biar hasilnya bagus dan menarik. Oh iya, apakah Kak Hedotz bahagia menjadi seorang desainer grafis? Kenapa?
Pastinya bahagia, karena Kakak suka dengan gambar-gambar, dan setiap hari selalu ketemu dengan gambar-gambar bagus. :)

Hehehe. Kak Hedotz ternyata memang penyuka gambar-gambar bagus, ya. Tapi, apakah seorang desainer grafis harus gemar membaca buku? Kenapa?
Tentunya, membaca itu penting, karena di dalam bacaan ada ilmu ... jadi kalo mau jadi desainer grafis yang hebat harus banyak membaca buku, buku desain tentunya, supaya cakrawala pengetahuan desainnya terbuka LUAAAAAAAASSSSSSSSSSS ....

Wow, buka mulutnya jangan lebar-lebar, Kak. Nanti saya ketelen gimana? ^__^ Terus-terus, bagaimana tanggapan Kak Hedotz tentang serial Penulis Cilik Punya Karya?
PCPK top pokoknya, masih kecil aja sudah pandai menulis, kakak saja belom bisa ... hehe.

Kata-kata terakhir untuk para penulis cilik Indonesia?
Keep writing guys, you might be the next JK Rowling ... cheers, tetap semangat!

comment 2 komentar:

Billy Briliant on 16 Juli 2012 15.41 mengatakan...

Hihihi .. aku juga suka mendesain grafis loh kak! semoga bisa sehebat kaka! amin..

Penulis Cilik Punya Karya mengatakan...

Aamiin! Yang penting jangan pernah bosan belajar, Bil :)

Poskan Komentar

Jangan malu-malu berkomentar, ya.

 
Powered by Blogger